Siap Hadapi Tantangan, MMKSI Optimis Tatap Pasar Otomotif 2025

  • Bagikan
Presiden Direktur PT MMKSI, Atsushi Kurita saat peluncuran di Kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (16/5/2025). (zak/fajar)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Tahun 2024 menjadi masa penuh ujian bagi industri otomotif nasional. Data penjualan menunjukkan penurunan signifikan—total mobil yang terjual secara retail hanya 889.680 unit, turun 10,9% dibandingkan tahun sebelumnya. Namun, di tengah tantangan tersebut, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mampu menjaga performa dan tetap optimistis menatap pasar 2025.

Dalam periode fiskal April 2024 hingga Maret 2025, MMKSI mencatat penjualan 71.451 unit kendaraan. Capaian ini memberikan kontribusi pada pangsa pasar sebesar 8,2%, dan menunjukkan bahwa Mitsubishi tetap menjadi pilihan penting di setiap segmen pasar otomotif Indonesia.

Tak hanya pada sisi penjualan, MMKSI juga menunjukkan performa positif dalam layanan purnajual. Selama 2024, jumlah kendaraan yang datang ke diler resmi untuk perawatan mengalami peningkatan 3%. Penjualan suku cadang, aksesoris, dan genuine part juga naik sebesar 2% dibandingkan tahun fiskal sebelumnya.

Peningkatan kualitas layanan juga tercermin dari lonjakan skor Customer Satisfaction Index (CSI) sebesar 13 poin. Sementara itu, Net Promotor Score (NPS) melonjak drastis sebesar 22,7 poin, hingga mencatat skor akhir 66,7 poin. MMKSI menilai pencapaian ini sebagai hasil dari komitmen mereka dalam menerapkan semangat “Passion to Care” untuk seluruh pelanggannya.

Hasil survei internal MMKSI pada akhir 2024 turut menguatkan optimisme perusahaan. Mitsubishi Motors tercatat sebagai salah satu dari tiga besar merek otomotif paling diingat masyarakat Indonesia. Bahkan, setiap model kendaraan yang dipasarkan—mulai dari small MPV, small SUV, mid-SUV, hingga kendaraan niaga ringan—berhasil menempati posisi tiga besar di segmennya masing-masing.

Dalam momen yang penting ini, President Director PT MMKSI, Atsushi Kurita, menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh konsumen dan mitra yang telah setia mendukung Mitsubishi.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada konsumen setia Mitsubishi Motors, rekan media massa nasional, serta seluruh pihak yang telah mendukung proses perkembangan bisnis Mitsubishi Motors di Indonesia, sehingga dapat melewati berbagai tantangan ada di tahun 2024 dan meraih capaian positif,” ungkap Kurita.

Ia menambahkan bahwa tahun 2025 menjadi istimewa karena menandai 55 tahun kiprah Mitsubishi Motors di Indonesia. MMKSI pun menyiapkan sejumlah kejutan untuk menyambut momentum ini.

“Pada tahun ini, kami juga akan memperkenalkan model baru yang akan menjadi salah satu unggulan kami di pasar Indonesia. Sekaligus pada event ini kami meluncurkan penyegaran model New Xpander dan New Xpander Cross agar tetap aktual dalam mengakomodasi preferensi konsumen,” jelas Kurita.

Dengan semangat Celebrate Every Journey with Mitsubishi Motors, MMKSI ingin terus menjadi bagian dari perjalanan masyarakat Indonesia, melalui produk-produk yang andal dan layanan yang semakin disempurnakan.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan