FAJAR.CO.ID -- Danantara menjadi sponsor baru PSM Makassar. Pernyataan ini viral di sejumlah platform media sosial. Faktanya, logo Danantara muncul saat peluncuran sponsor tiga klub sepak bola untuk musim 2025/2026 karena Bank BTN adalah bagian dari anak usaha lembaga keuangan, bisnis, dan invetasi milik negara itu.
Bank BTN memang secara resmi menjadi sponsor anyar PSM Makassar untuk musim 2025/2026. Jadi, BTN menggaet klub-klub profesional yang berlaga di Liga 1, dalam upaya meningkatkan brand awareness Super App Bale by BTN.
Keterlibatan Bank BTN menjadi sponsor PSM Makassar dan dua klub lain yang berlaga di Liga 1 sejalan dengan misi perusahaan melakukan pengembangan ekosistem bisnis perseroan.
Tiga klub yang berlaga di Liga 1 yakni PSM Makassar, Arema FC, dan Persita Tangerang secara resmi telah menandatangani perjanjian kerja sama sponsorship dengan total nilai sebesar Rp17,48 miliar. Penandatanganan kerja sama berlangsung di Menara 1 BTN.
Direktur Utama Bank BTN Nixon LP Napitupulu mengatakan kerja sama sponsorship dengan tiga klub sepak bola yang berlaga di Liga 1 merupakan wujud komitmen BTN mendukung pengembangan ekosistem olahraga Indonesia, khususnya sepak bola.
Alasan Bank BTN memilih bekerja sama dengan tiga klub sepak bola tersebut lantaran dinilai populer dan memiliki potensi bisnis yang sangat besar.
“Tidak bisa dipungkiri, mayoritas masyarakat kita mencintai sepak bola. Kami ingin berperan dalam pengembangan dunia sepak bola secara tidak langsung, dalam bentuk sponsorship. Ini langkah awal kami masuk ke industri sepak bola dan kami akan melihat potensi ke depan. BTN sangat serius masuk industri olahraga, seperti halnya BTN Jakarta International Marathon,” kata Nixon.
Terkait masuknya Bank BTN menjadi bagian dari sponsor resmi, manajemen PSM Makassar memberikan tanggapan.
Direktur Operasional PSM Makassar Rafiudin Razak mengatakan, manajemen PSM Makassar memberikan apresiasi terhadap BTN atas kepercayaan dan dukungan sponsorship yang diberikan. Begitu juga dengan komitmen yang kuat untuk mengembangkan sepak bola Indonesia.
Dia menganggap komitmen Bank BTN sejalan dengan prinsip dan nilai yang dimiliki PSM. Termasuk juga semangat juang dan keberpihakan kepada masyarakat secara luas.
”BTN dengan Bale by BTN Super Apps dan PSM Makassar punya nilai-nilai yang sejalan. Begitu juga dengan dedikasi, semangat juang, dan keberpihakan pada masyarakat,” katanya.
Rafiuddin Razak menyampaikan, dukungan sponsorship Bank BTN memperkuat langkah PSM mengarungi musim 2025/2026. Khususnya dalam upaya menorehkan prestasi yang lebih tinggi di dunia sepak bola.
“Dukungan ini akan memperkuat langkah kami dalam membangun tim yang solid dan fasilitas yang lebih baik. Termasuk juga pembinaan pemain muda yang lebih profesional,” jelasnya. (*)