Apa Peran Penting HRM Indonesia? Yuk Simak Penjelasan Lengkapnya!

  • Bagikan
Ilustrasi

Melalui tim HRM perusahaan membagikan kesempatan pada karyawan untuk lebih menjadi baik lagi, sehingga dapat memberikan kesempatan bagi mereka untuk posisi yang yang baru dan lebih tinggi.

6.    Membuat Peraturan Dan Kebijakan

Suatu perusahaan harus memiliki kebijakan yang spesifik dan mengatur semua segala sesuatunya khususnya tentang kepegawaian.

Penting bagi perusahaan untuk melakukan sosialisasi kepada karyawan terkait kebijakan yang ada pada saat pelaksanaanya. Sehingga karyawan tahu mengenai apa yang bisa dan tidak bisa mereka lakukan untuk membuat pekerjaan mereka lebih baik.

7.    Memotivasi Karyawan Melalui Insentif

Perusahaan akan memberikan insentif untuk tunjangan yang kompetitif untuk karyawan. Perusahaan yang sudah menerapkan work life balance yang baik bagi karyawan cenderung akan lebih stabil secara keseluruhan.

Adanya kebijakan bekerja remote, jam kerja yang fleksibel hingga pemberian benefit perusahaan yang fleksibel.

Tim HRM harus menyediakan mana yang baik untuk karyawan dan perusahaan. Hal tersebut dapat mendukung karyawan dalam bekerja dan dapat menguntungkan keluarga masing-masing.

Memahami Fungsi HRM Indonesia

Ada banyak peran yang akan dimiliki HRM Indonesia yang akan mempengaruhi keberhasilan perusahaan dalam mengelola orang. Berikut adalah beberapa fungsi HRM Indonesia yang perlu anda ketahui.


1.
Proses Seleksi dan Rekrutmen Karyawan

Salah satu peran HRM yang paling penting adalah proses rekrutmen. Merekrut karyawan dan memilih kandidat terbaik untuk posisi di perusahaan Anda adalah salah satu tugas terpenting departemen sumber daya manusia.

Sumber daya manusia adalah aset perusahaan yang paling berharga. Oleh karena itu, mengidentifikasi kandidat yang ideal adalah tugas penting yang harus dilakukan oleh departemen Sumber Daya Manusia.

Biasanya, permintaan karyawan baru datang dari supervisor yang membutuhkan lebih banyak staf. Manajer kemudian akan memberikan deskripsi pekerjaan kepada HR dan HR dapat mulai memposting posisi dan menyaring kandidat berdasarkan CV yang dikirimkan.

Pada tahap ini, HRM dapat menggunakan berbagai strategi yang dianggap paling ideal untuk menemukan kandidat yang tepat. Misalnya melalui wawancara, penugasan dan studi kasus, pemeriksaan latar belakang, dan pendekatan rekrutmen lainnya.

2. Manajemen kinerja

Misi HRM Indonesia lainnya adalah mengelola kinerja karyawan. Fitur ini akan membantu karyawan membuat kemajuan yang berkelanjutan sehingga dapat mempengaruhi produktivitas organisasi.

Setiap pegawai harus memiliki KPI dan tugas yang harus diselesaikan, seperti triwulanan. Dengan manajemen kinerja, karyawan dapat lebih memahami kinerja mereka hingga saat ini.

Contoh: melakukan one-to-one session dengan manajemen dan dengan rekan lainnya, berisi feedback 360. HR dapat menilai jenis proses apa yang paling baik digunakan untuk melakukan performance review ini.

Memiliki manajemen kinerja di perusahaan sangat penting. Karyawan yang terus menerus dapat meningkatkan kinerja dan selalu memiliki kemampuan untuk berkembang akan meningkatkan efisiensi perusahaan.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan