Faktor penentu tersebut meliputi, (1) ulasan pembeli; (2) rating; (3) informasi produk yang jelas; dan (4) official store. Yang patut jadi perhatian industri dari temuan survei ini adalah, harga dan promo menjadi faktor kelima dan keenam bagi konsumen dalam memutuskan bertransaksi di sebuah merchant e-commerce.
Produk fesyen menempati kategori yang paling banyak dibeli oleh konsumen (26,5 persen) di platform e-commerce di Indonesia. Disusul oleh produk kecantikan dan perawatan diri (14,7 persen), makanan serta kebutuhan harian (13,2 persen), barang yang berkaitan dengan hobi (11,6 persen), dan terakhir, peralatan rumah tangga (8,7 persen).
Tokopedia mengungguli Shopee, Lazada, Blibli, Bukalapak, dan JD.id, sebagai platform e-commerce dengan merchant paling tepercaya, memiliki layanan customer service paling baik, menyediakan metode pembayaran terlengkap, menyediakan layanan pengiriman terlengkap, hingga paling nyaman untuk melakukan pencarian produk.
Responden survei bertajuk "Persepsi Kepercayaan dan Kenyamanan Bertransaksi di E-commerce" ini didominasi oleh generasi milenial dan gen Z. Sebanyak 64,9 persen responden adalah mereka yang berada di rentang usia 22 sampai 31 tahun.
Tokopedia dan Shopee bersaing ketat sebagai platform e-commerce favorit para perempuan milenial dan gen Z. Mayoritas responden di segmen ini memilih Tokopedia sebagai e-commerce paling favorit (50,4 persen) dan Shopee berada di peringkat kedua (45,9 persen).
Tokopedia masih menjadi e-commerce favorit untuk berbelanja produk fesyen, lalu diikuti Shopee dan Lazada.