Untuk skema KA Makassar, Fathir mengatakan masih akan meninjau skema yang ditawarkan kota.
Menurutnya mau skema tersebut rel bawah (at grade) atau rel layang (elevated), semua memiliki plus minus. Yang pasti, apa apa pun yang telah diputuskan, itu yang dilaksanakan BPKA.
Soal tawaran Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto untuk merundingkan desain rel di wilayah Makassar, Fathir menyanggupinya. "Nanti kita akan bicarakan," katanya.
Sangat Telat
Presiden RI Joko Widodo secara simbolis menarik tuas, diikuti penandatanganan prasasti peresmian KA Makassar-Barru. Ia mengakui, Indonesia sangat terlambat dalam mendorong transportasi publik, termasuk di Sulsel.
Padahal, ransportasi publik sangat mendasar dalam menghubungkan wilayah satu dan lain. Transportasi massal didorong karrna memiliki cost lebih rendah dalam operasional. KA merupakan salah satu moda transportasi yang paling tepat untuk implementasi ini. Makanya penyebarluasan moda ini harus menyentuh seluruh wilayah di Indonesia.
"Kereta api menjadi hal yang sangat dasar untuk dibangun. Pada saat saya perintah bahwa kita fokus dulu di Kalimantan atau di Sulawesi, diputuskan di Sulawesi," ujarnya.
Jika KA Sulawesi tak digagas, orang-orang akan terbiasa menggunakan transportasi pribadi alih-alih kendaraan massal. Bahkan untuk angkutan barang dan orang. Akhirnya, seluruh kota mengalami masalah kronis kemacetan.
"Tidak hanya di Jakarta, tapi Bandung, Medan Surabaya, Semarang, Makassar macet semua karena terlambat bangun transportasi publik," jelasnya.