Penyelesaian Kereta Api Makassar-Parepare Masih Butuh Rp5 Triliun

  • Bagikan
Kereta Api di Sulsel

"Kalau kita belokkan jalur ke dekat Pelabuhan Parepare dengan menyusur laut, maka jalur selanjutnya akan tetap sama, membentur gunung di kawasan Mamuju, Sulbar. Bahkan bukit di sana lebih panjang lagi sepanjang 5 kilometer. Anggarannya pun akan lebih besar lagi," tegas Jumardi.

Hubungkan Sulawesi

Di sisi lain, Analis Kebijakan Utama Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan, Umar Aris meluruskan jika pengerjaan oleh pemerintah pusat ialah Trans-Sulawesi Railway. Jalur yang akan menghubungkan Sulsel dengan provinsi di Sulawesi lainnya.

Pria yang akrab disapa Aris itu juga tak menampik pengerjaan KA Makassar-Parepare belum sepenuhnya rampung. Namun, mereka berpikir keras bagaimana pengembangan dan strategi agar mampu mengoptimalkan rel KA api Makassar-Parepare.

"Proyek KA ini memang sangat potensial. Terdapat nilai-nilai potensial dari sektor pariwisata. Tentu dampaknya akan lebih menggerakkan laju pertumbuhan ekonomi di daerah. Paling penting adalah sinergitas dan kolaborasi. Baik dari pemda, pusat dan terkait lainnya," harapnya.

Anggota Komisi V DPR RI Muhammad Aras menyebut hadirnya transportasi kereta api akan makin melengkapi moda transportasi di Sulsel. Sehingga, diharapkan terkoneksi dengan transportasi lain.

Alasannya, kehadiran moda transportasi kereta api akan mengurangi biaya transportasi bagi masyarakat. Termasuk mampu menaikkan kesejahteraan bilamana pemda ikut menyiapkan sarana lainnya.

Sektor pariwisata, misalnya. Sektor ini dianggap akan lebih berkembang karna transportasinya lebih efisien dan murah. Bahkan hingga saat ini pengoperasian KA Maros-Pangkep-Barru masih digratiskan.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan