Digitalisasi Pelayanan Kedokteran Gigi di Masa Pandemi

  • Bagikan

Manfaat yang bisa diperoleh pasien berkiatan dengan perkembangan digitalisasi pada pelayanan kedokteran gigi diantaranya yaitu 1. Pasien diarahkan untuk menemukan dokter yang tepat sesuai kebutuhan. Dalam hal ini masyarakat berhak untuk mencari informasi detail mengenai tipe dokter gigi seperti apa yang pasien perlukan, sebagai contoh dokter gigi dengan spesialisasi tertentu, lokasi praktek dimana, latar belakang pendidikan yang ditempuh, serta pengalaman medis yang diperolehnya. 2. Pasien dapat memperoleh akses kesehatan yang merata.

Dengan teknologi digital, hal ini sangat dimungkinkan bahwa akses kesehatan juga bisa diperoleh oleh masyarakat di daerah terpencil. 3. Pasien mendapat informasi mengenai kualitas suatu pelayanan kesehatan. Harapan pasien terhadap sistem pelayanan kesehatan semakin meningkat.

Ketika pasien tidak puas akan suatu pelayanan, maka mereka dapat segera mengutarakannya di akun media sosial. Sehingga hal ini menginisiasi adanya kontrol kembali kondisi pasien setelah pelayanan Dalam kondisi yang memerlukan kunjungan langsung pasien ke dokter gigi, adanya digitalisasi sistem atrian online memudahkan pasien mengetahui waktu datang tepat waktu sesuai antriannya pada aplikasi di perangkat seluler baik melalui aplikasi mandiri dokter gigi di playstore, what up atau email pasien. Hal ini juga merupakan usaha dalam melindungi pasien dan pasien lainnya dalam berkumpul di ruang tunggu klinik atau rumah sakit pada masa pandemi ini.

Kesehatan gigi yang memang seharusnya dilakukan oleh dokter gigi kepada pasiennya. 4. Pasien mendapatkan informasi biaya pada sarana fasilitas kesehatan yang dipilihnya. Hal ini penting mengingat adanya keluhan mengenai biaya yang tidak terduga perawatan gigi dan mulut utamanya bagi pasien yang tidak memiliki asuransi kesehatan. Di sisi lainnya dokter gigi pun mendapatkan manfaat dengan sistem digital saat ini.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan