Keyword Artis
Pakar Informasi dan Teknologi (IT) Unhas, Indrabayu menilai keyword (kata kunci) tentang sosok populer turut mempercepat Resa dikenal. Dari sisi teknologi, keyword artis dan tokoh populer, sudah pasti akan viral.
"Itu memang asli keyword di media sosialnya. Jelas sekali kalau kata Nike Ardilla, kan, populer, dikenal sekali. Jadi kalau ada keyword yang seperti itu, maka kemungkinan viralnya terjadi. Bukan karena algoritmanya," kata Indrabayu.
Di sisi lain, relasi antara konten dengan keyword sangat pas sehingga dengan cepat mendapat viewers. Keunikan menjadi syarat yang dimiliki Resa sehingga sangat cepat melejit.
“(Memang) harus memiliki keunikan tersendiri, lalu bisa menambah tagging yang related di Instagram juga di Twitter, misalnya. Di Facebook, ada Facebook Ads. Pilih saja kata kunci yang seksi dan tengah diperbincangkan, maka akan membuat viral itu cepat terjadi,” ujarnya.
Meski begitu, ia menggarisbawahi, fenomena viral di masyarakat Indonesia masih perlu tambahan literasi digital untuk menciptakan konten yang lebih berkualitas lagi. Di samping mencegah berita hoaks dan sejenisnya.
“Literasi digital masyarakat masih lemah sehingga perlu ada upaya pencerdasan dari sisi ini. Perlu edukasi khususnya terhadap konten viral lainnya yang tidak mendidik bahkan hoaks. Tidak sekedar popularitas semata,” sarannya. (bus/zuk)