Berdasarkan kedua definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa aplikasi daftar hadir onlineadalah sebuah program komputer yang berfungsi untuk merencanakan, mengorganisasikan dan mengendalikan kehadiran dan ketidakhadiran karyawan.
Instrumen Aplikasi Daftar Hadir
Terdapat 3 instrumen dalam aplikasi daftar hadir atau manajemen kehadiran untuk mengumpulkan data kehadiran karyawan. Ketiga instrumen tersebut adalah:
- Absensi Manual
Salah satu instrumen yang paling lama diterapkan dalam melakukan pengumpulan data kehadiran karyawan adalah absensi manual. Di mana semua kegiatan pengumpulan data dilakukan secara manual.
Pada absensi manual, biasanya karyawan menuliskan jam masuk dan jam keluar kantor pada kartu kehadiran atau bisa juga menggunakan mesin absen manual yang menggunakan kertas khusus dalam penulisan datanya.
Meskipun biaya operasionalnya bisa dikatakan murah, namun absensi manual maupun penggunaan mesin absen sederhana memiliki berbagai kekurangan.
Diantaranya adalah data yang diambil bisa jadi kurang akurat karena dilakukan manual belum lagi absensi manual akan membutuhkan waktu yang lebih lama dalam proses pengumpulan dan pengolahan datanya.
- Absensi Digital
Setelah masa absensi manual, munculah absensi digital yang merupakan langkah awal dari aplikasi daftar hadir online.
Perbedaannya terletak pada cara pengumpulan data. Pada absensi digital data kehadiran karyawan tidak lagi dikumpulkan secara manual maupun menggunakan mesin absen sederhana. Pada absensi digital, biasanya menggunakan mesin fingerprint atau mesin absensi yang menggunakan magnetic card.