Hasil Riset Suara UKM Negeri dari Ninja Xpress, E-Shopper lebih Memilih Affiliate Marketing Ketimbang Artis atau Influencer

  • Bagikan
riset Suara UKM Negeri Vol. 5 Ninja Ekspres

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Affiliate Marketing telah menjadi salah satu strategi kolaborasi pemasaran yang kuat dalam ekosistem social commerce.

Bahkan pada temuan riset Suara UKM Negeri Vol. 5 Ninja Xpress mendapatkan hasil bahwa mayoritas E-Shopper Lebih Memilih Affiliate Marketing dari pengguna media sosial biasa dan teman sendiri, daripada Artis atau Influencer dengan jumlah pengikut tinggi.

Hal tersebut disampaikan Andi Djoewarsa, Chief Marketing Officer Ninja Xpress menjelaskan bahwa Affiliate Marketing telah menjadi salah satu strategi kolaborasi pemasaran yang kuat dalam ekosistem social commerce.

"Melihat hal tersebut, sebagai sahabat UKM kami berkomitmen untuk secara proaktif mendukung UKM dalam memanfaatkan potensi penuh dari affiliate marketing untuk meningkatkan penjualan mereka, salah satunya dengan memberikan akses informasi mengenai fenomena yang terjadi saat ini melalui survey Suara UKM Negeri Vol.5," ucapnya di Ninja Studio, Pejaten, Jakarta Selatan, Senin (20/5/2024).

Olehnya, Andi menyebut penyediaan layanan Seller Craft untuk membantu UKM dalam memaksimalkan berbagai platform penjualan dan juga Live Cham yang menjadi pihak ketiga dalam memudahkan kerjasama para seller dengan affiliator.

"Kami berharap hasil survey ini, dapat dimanfaatkan oleh para pelaku usaha untuk dapat selalu mengamplifikasi trend terkini bagi bisnisnya," ucapnya.

Ninja Xpress melalui riset Suara UKM Negeri Vol. 5 memberikan insight tentang affiliate marketing dan menemukan empat strategi yang dapat dimanfaatkan oleh para UKM guna optimalisasi pemanfaatan affiliate marketing, dengan mempertimbangkan empat aspek kunci, yaitu orang (people), platform, harga (price), dan kinerja (performance) yang diantaranya adalah:

Mayoritas E-Shopper Lebih Memilih Affiliate Marketing dari Pengguna Media Sosial Biasa dan Teman Sendiri, Daripada Artis atau Influencer dengan Jumlah Pengikut Tinggi

Data menunjukkan bahwa mayoritas e-shopper cenderung melakukan pembelian melalui affiliate marketing yang berasal dari pengguna media sosial biasa (80%), artis atau influencer (69%), atau teman mereka sendiri (42%).

Lebih lanjut, sebagian besar e-shopper (sekitar 30%) memilih untuk berbelanja dari affiliate marketing yang memiliki jumlah pengikut di media sosial kurang dari 500, sedangkan 21% memilih affiliate marketing dengan pengikut dalam kisaran 500 hingga 800.

Hanya sekitar 3% e-shopper yang cenderung membeli dari affiliate marketing dengan jumlah pengikut antara 8000 hingga 1 juta. Hal ini mengindikasikan bahwa faktor kepercayaan dan kedekatan personal lebih berpengaruh daripada jumlah pengikut dalam memengaruhi perilaku pembelian e-shopper melalui affiliate marketing.

Senada, Mahari Hadistian, Owner dari Urbangeeks, toko online serbaguna yang menjual berbagai produk elektronik seperti speaker, heatset, sampai aksesoris handphone mengungkapkan bahwa penjualan produknya meningkat usai menggunakan jasa Affiliate marketing.

“Sebagai owner toko online yang menjual berbagai produk dari elektronik sampai aksesoris, Urbangeeks menyadari bahwa salah satu hal yang penting dalam pemasaran adalah adanya review dan testimoni, semakin banyak testimoni produk, maka semakin besar kesempatan brand untuk meyakinkan pembeli, sehingga adanya affiliate marketing menjadi solusi bagi kami untuk mendapatkan testimoni yang dibagika," ucapnya.

Sementara itu, Cindy yang merupakan seorang affiliate marketing dengan followers yang mencapai 80.000 di platform Tiktok, juga menambahkan bahwa dirinya juga mengalami kendala dalam melakukan pemasaran,namun terbantu dengan Ninja Xpress.

“Sebenarnya tidak hanya UKM yang menghadapi kendala dalam pemilihan affiliator sebagai partner kerja UKM untuk pemasaran, terkadang kami para affiliator juga mengalalami kendala yang sama dalam memilih produk mana yang sekiranya cocok untuk kami promosikan dan sesuai dengan karakteristik audiens kami. Dengan adanya dukungan dari Ninja Xpress melalui Live Cham akan sangat membantu kami dalam memilih brand dan produk yang tepat sampai membantu kami dalam bekerjasama dengan para pemilik bisnis UKM," pungkasnya. (zak)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan