Oleh karena itu, dosen berperan penting sebagai pembimbing dan fasilitator dalam internalisasi karakter positif mahasiswa. Apabila dijalankan dengan semestinya, kegiatan luar kampus yang dicanangkan Kampus Merdeka secara tidak langsung tetap membuka ruang untuk karakter-karakter positif dapat tumbuh. Di sinilah gelora budaya bekerja. Di sinilah makna tujuan pendidikan nasional dalam UU No. 20 tahun 2003, yakni mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Tantangan Kemendikbud kini adalah perhatian terhadap dosen-dosen di PT. Semoga pernyataan Menteri Nadiem Makarim dapat segera terwujud, “Memberi kebebasan dan otonomi kepada lembaga pendidikan, dan merdeka dari birokratisasi, dosen dibebaskan dari birokrasi yang berbelit...." agar pendidikan tinggi dapat melaju lebih cepat.
Pandemi memaksa kita untuk bergegas menemui masa depan, dan kita harus sadar, sebenarnya masa depan tidak pernah benar-benar jauh.