KPPN Makassar II Umumkan Hasil Survei Kepuasan Masyarakat Semester I Tahun 2021

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- KPPN Makassar II merilis hasil survei kepuasan masyarakat untuk periode Semester I Tahun 2021. Kepala KPPN Makassar II, Adi Setiawan, menyampaikan capaian sangat puas atas layanan KPPN Makassar II dengan Nilai Rata-rata Tingkat Kepuasan 4,86 dari skala 5.

Untuk periode Semester I Tahun 2021, KPPN Makassar II telah melaksanakan survei yang melibatkan para pemangku kepentingan sejak April sampai dengan Mei 2021.

Pelaksanaan survey dilakukan secara daring, dengan tingkat keikutsertaan sebagai responden mencapai 42% dari 220 satker mitra KPPN Makassar II. Responden merupakan petugas dan pejabat perbendaharaan yang secara langsung berinteraksi dengan layanan KPPN Makassar II selama periode survey Semester I tahun 2021.

Sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan layanan dan mewujudkan misi tugas fungsi Kuasa Bendahara Umum Negara di Daerah, KPPN Makassar II setiap tahunnya melaksanakan survei kepuasanmasyarakat.

Survei tersebut khususnya dilakukan terhadap layanan unggulan KPPN Makassar II yang meliputi layanan pencairan dana/ penerbitan SP2D, konfirmasi penerimaan negara, bimbingan dan konsultasi perbendaharaan, pelaksanaan rekonsiliasi akuntansi, dan penyediaan sarana dan prasarana.

Kepala KPPN Makassar II, Adi Setiawan mengatakan “Secara umum nilai rata-rata kepuasan meningkat dari 4,82 di tahun 2020 menjadi 4,86 di tahun ini”.

Hasil ini menurut Adi sangat menggembirakan dan memotivasi mengingat selama satu tahun terakhir KPPN Makassar II telah melakukan beragam upaya untuk dapat mewujudkan layanan terbaik di tengah suasana pendemi. Terdapat peningkatan pada rata-rata nilai kepuasan untuk seluruh layanan unggulan KPPN Makassar II.

Terkait potensi penurunan kepuasan layanan atas pola layanan secara daring di masa new normal, Adi menyampaikan pihaknya terus mengupayakan kemudahan bagi mitra Satuan Kerja untuk beradaptasi.

“Kami melakukan sosialisasi, menyediakan bimbingan, konsultasi dan asistensi agar segenap mitra kerja dapat segera menyesuaikan dengan moda layanan di masa new normal” kata Adi.

Survei kepuasan masyarakat atas layanan KPPN Makassar II dilakukan dengan melibatkan perwakilan dari mitra kerja dengan beragam fungsi/ tugas dan latar belakang pendidikan. Adi menyampaikan apresiasi yang tinggi atas partisipasi segenap mitra kerja.

“Kami berterima kasih atas antusiasime untuk survey ini. Merupakan media bagi kami untuk memperoleh aspirasi dan terus menyempurnakan layanan kami di masa yang akan datang”.

Berdasarkan konversi standar Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) capaian nilai rata-rata kepuasan 4,86 pada Semester I tahun 2021 setara dengan 0,97 dari skala 1 dan termasuk pada kategori “sangat puas”. (rls)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan